BISNIS ONLINE: PILIHAN ATAU JALAN KELUAR

BISNIS ONLINE: PILIHAN ATAU JALAN KELUAR

BISNIS ONLINE: PILIHAN ATAU JALAN KELUAR?


Bisnis online telah menjadi primadona dalam dunia bisnis selama beberapa waktu belakangan ini. Semaki banyak jumlah orang yang berhasil menjalankan bisnis online-nya hingga mendapat keuntungan besar.

Akhirnya, dari yang awalnya hanya merupakan pekerjaan sampingan, bisnis online mulai ditekuni sebagai sumber penghasilan utama dan orang-orang tidak segan untuk keluar dari pekerjaan awal mereka.

Melihat kesuksesan tersebut, Anda mungkin merasa tertarik untuk mengelola bisnis online. Terlebih, kebutuhan hidup rasanya semakin tinggi seiring dengan berjalannya waktu.

Bisnis online sepertinya dapat menjadi solusi tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Namun, apakah memang bisnis online merupakan satu-satunya cara yang bisa Anda tempuh?

Unggul Dalam Aspek Fleksibilitas
Karena berbasis online, bisnis satu ini pun sangat unggul dalam aspek fleksibilitas. Anda bisa melakukannya di mana pun dan kapan pun selama memiliki perangkat dan koneksi internet yang memadai.

Anda bahkan bisa menjalankannya sambil bekerja di kantor.

Misalnya, Anda menjual pakaian wanita melalui Instagram. Ada seorang pelanggan mengirimkan pesan kepada Anda untuk membeli salah satu produk. Padahal, di saat yang sama, Anda sedang berada di kantor. Namun, inilah salah satu kenikmatan bisnis online. Selagi di kantor, Anda masih bisa melayani pelanggan tersebut hingga akhirnya ia melakukan pembelian.

Asiknya lagi, para pelanggan Anda bisa berbelanja selama 24 jam. Beda sekali dengan toko konvensional yang memiliki jam operasional tertentu sehingga pelanggan tidak bisa se-enak hati berbelanja di sana.

Meskipun mungkin Anda tidak bisa merespon pesan pelanggan pada saat itu juga, setidaknya pelanggan tersebut bisa terus melihat katalog produk Anda secara online.

Nah, dengan berbagai fleksibilitas yang ditawarkan, bisnis online memang cocok dijadikan sumber penghasilan ekstra.

Identifikasi Kondisi Pasar
Berbisnis online memang terkesan sangat mudah. Selama ada produk, Anda bisa langsung menjualkannya melalui Facebook, Instagram, atau website khusus.

Namun, kepada siapa Anda akan menjual produk-produk tersebut? Anda tidak bisa begitu saja melakukan penjualan secara acak. Sama seperti halnya jenis bisnis lain, sebaiknya Anda juga melakukan riset pasar sebelum terjun ke dunia bisnis online.

Produk apa yang Anda jual? Siapa target pasar dari produk-produk tersebut? Bagaimana karakter mereka? Apakah mereka lebih suka berbelanja di platform tertentu?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut akan memudahkan Anda untuk merancang strategi dan memberikan produk yang relevan dengan kebutuhan target pasar.

Dengan melakukan strategi yang tepat sasaran, target pasar Anda akan merasa “terhubung” dengan brand Anda sehingga tidak segan untuk membeli produk-produk yang dijual.

Galilah informasi mengenai kondisi pasar agar mendapatkan insight yang pas.

Membutuhkan Kesabaran Tinggi
Setiap pelaku bisnis online yang kini sukses pasti memiliki proses yang sama seperti Anda. Mereka tidak begitu saja berhasil dalam satu malam.

Ada serangkaian proses jatuh-bangun yang pasti mereka lalui. Kuncinya terletak pada kesebaran dan ketekunan dalam menjalani bisnis online. Selama beberapa minggu pertama membuka bisnis online, bisa jadi produk Anda belum menemukan pelanggan.

Teruslah berusaha dan pantau kondisi pasar agar Anda bisa menyesuaikan strategi penjualan yang pas.

Jadikan proses bisnis online sebagai sarana untuk belajar hal-hal baru.
Jadi, apakah bisnis online merupakan pilihan atau satu-satunya jalan keluar? Semua tergantung pada Anda.

Namun, tidak ada salahnya menjajal bisnis online untuk mendapatkan penghasilan tambahan.